Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan RF Private Server dan RF Official



Dalam dunia novus atau nama lain dari battle ground game Rising Force (RF) sering kali kita menemui istilah RF Private Server dan RF Official. Namun tidak semua orang langsung mengetahui maksud dan perbedaan dari kedua model game ini. 

Meskipun sama-sama mengusung game yang persis, namun terdapat beberapa perbedaan yang menjadikan beberapa patriot RF lebih suka dengan salah satu dari jenis server tersebut.

Baik Official maupun Private Server atau biasa menyebutnya sebagai RF PS, sebenarnya yang paling membedakan adalah pengelola dari server game RF nya saja. Meskipun ada beberapa parameter lainnya yang bisa membedakan antara keduanya.

Berikut beberapa perbedaan yang sering kita temui ketika mulai beralih dari RF Official ke RF PS atau juga sebaliknya.

Tentang RF Official

RF Official (Rising Force Official) amerupakan game RF yang pengelolanya berasal dari instansi resmi yang mengantongi lisensi resmi juga dari CCR INC. CCR INC adalah developer resmi dari game RF Online yang berasal dari Korea Selatan. Krena satu-satunya publisher game RF Online resmi dari Indonesia hanya Lyto, maka Lyto mendapatkan derajat "RF Resmi" satu-satunya di Indonesia.

Meskipun mendapatkan lisensi dari CCR, hal tersebut tidak menjamin kinerja tim dan developer dari pihak publisher bisa melayani player dengan baik. Sebagai contoh publisher resmi game RF Online dari Indonesia adalah Lyto Game yang kini menyediakan server RF Online Classic dan RF Online Remastered. Dua server tersebut memiliki beda konsep dan juga tentunya akan berpengaruh pada game play. Untuk menyampaikan keluhan atau laporan, para pemain pasti akan mendapatkan respon yang memakan waktu beberapa hari. Bahkan pengalaman saya untuk komplain memakan waktu hingga 1 minggu lamanya untuk mendapatkan balasan yang tidak memuasakan.

Keluhan player terhadap keberadaan RF Online Classic dan RF Online Remastered adalah tidak adanya transparasi history log item yang ada pada setiap karakter. Ya, RF Official tidak memiliki transparansi yang jelas mengenai log transaksi entah itu item senjata, armor , elemental, mata uang bangsa dan lain sebagainya.

Kemudian, karena banyaknya player yang bermain pada server milik RF Official, player selalu mendapatkan respon yang sangat lamban dari GM. Biasanya laporan berupa penyalah gunaan fitur seperti cheat dan bug menjadi keresahan para player untuk bisa bermain dengan tenang. Namun, GM atau tim cenderung slow respon dalam menangani hal ini. Seperti kasus RF Official yang terjadi beberapa tahun lalu, yaitu kasus dupe (penggandaan item dengan memanfaatkan bug). Karena tidak ada tindak lanjut dari GM, seluruh player sultan yang ada pada server memilih untuk meninggalkan RF Official.

RF Official atau RF Indo kini berevolusi menjadi RF yang lebih baik dan mulai mendengarkan keluhan player-playernya. Terbukti hingga saat ini jumlah pemain yang bermain di RF Official cukup banyak.

Tentang RF Private Server (RF PS)

RF Private Server adalah game RF yang mana pengelola server dan juga GM nya adalah bukan dari instansi resmi dan tidak mengantongi izin dari CCR. Kita bisa menyebut RF Private Server sebagai RF Unofficial yang liar namun tetap memiliki fans tersendiri bahkan banyak komunitas besar lebih memilih RF PS/RF Unofficial untuk bermain dan bersenang-senang.

Meskipun owner dan pengelola bukan dari instansi resmi, dia adalah manusia terkenal yang juga paham akan hubungan timbal balik. Contoh sederhananya adalah, ketika perilaku owner terhadap player dalam dunia novus sangat fair dan adil, maka semakin banyak player yang akan suka dengan pelayanannya. 

Hingga saat ini terdapat beberapa server RF Private Server yang memiliki pelayanan terbaik mulai dari pembasmian cheat, mengatasi bug, fasilitas CS yang fast respon bahkan saling mendukung antara player dan owner. 

Contoh RF Private Server favorit adalah RF Return dari Indonesia yang pengelolanya adalah eks player RF Official dengan IGN CaSSaNoVa yang legendaris. Kemudian ada RF Throne yang juga memiliki pengelolaan server sangat baik, sehingga setiap kali UP server, player akan membludak dan penuh. Dan masih ada lagi RF Zadul, RF Trinity, RF Underground, RF Unity, RF Blaze, RF Warden dan lain sebagainya.

Kekurangan dari RF Private server adalah server tidak bertahan lama dan player langsung merasa bosan. Kecuali untuk RF Return dan RF Throne, yang memiliki rekor server UP dan tetap ramai hingga 1 tahun bahkan lebih.

Posting Komentar untuk "Perbedaan RF Private Server dan RF Official"